IMPLEMENTASI MV INVENTORY SYSTEM UNTUK OPTIMALISASI LOGISTIK DAN RANTAI SUPLAI DI PT MINEVESTING RESOURCES INDONESIA

Mayang Sari, Ahmad Nur Akbar Sahada, Aulia Amanda Fischa

Abstract


Sistem manajemen inventaris sangat penting dalam pengelolaan logistik dan rantai suplai barang. Manajemen inventaris mempermudah pengelolaan inventaris suatu perusahaan karena dapat mengefektifkan pengelolaan stok di setiap lokasi secara otomatis. Sistem manajemen inventaris dapat menyederhanakan proses pengelolaan barang yang sangat kompleks, mulai dari pendataan barang, pengecekan inventaris, pemesanan barang, pengambilan dan pengiriman barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, dan pelacakan pengiriman pesanan. Pengelolaan inventaris secara manual banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya. Sistem manajemen inventaris yang menggunakan teknologi mempermudah perusahaan untuk mengelola stok barang yang disimpan di beberapa lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan realisasi manajemen inventaris dan pengelolaan barang di perusahaan pertambangan. MV Inventory System merupakan perangkat lunak yang terdapat fitur pemantauan dan pemeliharaan barang-barang suatu perusahaan yang dapat digunakan pada telepon genggam dan website. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengelolaan inventaris perusahaan, pengiriman barang, status pengiriman barang, riwayat pendataan, dan parameter data barang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dimulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem inventaris, perancangan tampilan, pembuatan aplikasi, pengujian dan implementasi sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MV Inventory System di PT Minevesting Resources Indonesia yaitu laporan data aset perusahaan lebih rapi, pemantauan lokasi barang dapat dilihat secara waktu sebenarnya, dan perawatan barang lebih mudah dilakukan. PT Minevesting Resources Indonesia merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan dan energi yang terintegrasi dengan fokus membangun ekosistem energi di Asia Tenggara yang diharapkan mampu mendorong konservasi, optimalisasi, dan hilirisasi komoditas tambang untuk menunjang ketahanan energi nasional. Penelitian ini menjadi salah satu proyek pengembangan manajemen inventaris untuk optimalisasi logistik dan rantai suplai khususnya di sektor energi dan pertambangan.

Keywords


Inventaris, Logistik, Manajemen Inventaris, Pertambangan, Rantai Suplai

Full Text:

PDF

References


Gie. (2020): Pengertian Sistem Inventory, Manfaat, Serta Tips Pengelolaannya, data diperoleh melalui situs internet https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-sistem-inventory-manfaat-serta-tips-pengelolaannya/. Diakses pada tanggal 29 Juli 2022.

HJ, A.I. & Rohayati. (2016): Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Inventaris Laboratorium. Jurnal INTEKNA, 16 (2), 15-19.

Kaswawi & Bari, A. (2016): Sistem Informasi Manajemen Inventory Secara Online Menggunakan Framework EasyUI. Jurnal Inovtek POLBENG-Seri Informatika, 1 (1), 78-86.

Setiawan, I.K.S. & Wijaya, I.N.Y.A. (2020): Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris Menggunakan QR Code di Kantor Camat Petang. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi, 1 (1), 21-26.


Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 522 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.