ANALISIS BEHAVIOUR BASED SAFETY MENGGUNAKAN PDCA LIST PADA PEKERJAAN PENGEBORAN DAN PELEDAKAN DI PT. KALTIM PRIMA COAL

Kiagus Nirwan, Rudy Armianto

Abstract


Aktifitas pengeboran dan peledakan dikategorikan sebagai operasi yang beresiko tinggi karena sifat pekerjaan dan keterpaparan terhadap alat berat bergerak serta terhadap bahaya penggunaan bahan peledak. PT. Kaltim Prima Coal menempatkan kedua kegiatan tersebut dalam sistem managemen pengelolaan keselamatan pada Golden Rules point aturan 11; Elemen Pencegahan Kecelakaan yang berakibat Fatal (Fatality Preventive Element) F.PE 2.2 sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi seluruh karyawan. Salah satu penyebab yang paling dominan menyebabkan kecelakaan kerja adalah Perilaku tidak aman. Sehingga pendekatan Behavior-Based Safety dianggap sebagai media yang tepat untuk mengobservasi perilaku demi menciptakan perilaku aman dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Departemen Drill blast mengimplementasikan Behavior-Based Safety dengan mengembangkan checklist P-D-C-A pada operasional pengeboran dan peledakan. Proses ini bertujuan untuk melakukan pengukuran tingkat kepatuhan implementasi K3, melibatkan Supervisor sebagai pimpinan dalam memastikan pelaksanaan Safety based on behaviour pada area yang menjadi tanggungjawabnya serta memperbaiki perilaku atau kondisi yang tidak aman sebelum cedera terjadi sehingga dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja. Checklist Supervisor Drill and Blast dengan turunan konsep Planning – DO – Check – Act merupakan Intisari dari Pelaksanaan dua (2) SOP Utama pada Operasional Pengeboran dan Perledakan di Area Mining Operasional Division (MOD), Yakni : SOP Blast Loading, yang mencakup semua proses pekerjaan mulai dari persiapan lokasi peledakan, memasuki lokasi peledakan, pengisian bahan peledak, proses tie-up hingga pengecekkan akhir lokasi peledakan dan SOP Pengeboran Lubang Ledak, yang mencakup semua proses untuk aktifitas pengeboran lubang ledak overburden. Pelaksanan Pengisian checklist dilakukan dengan membuat Self Assesment pada setiap tahapan P-D-C-A dengan memberikan nilai dengan range 1-5 pada setiap item lalu kesesuaian Self-Assessment Supervisor, akan di kaji ulang oleh Superintendent level. Penguatan Safety Base on behavior dengan Drill Blast Checklist PDCA Oleh Supervisor, dirasakan efektif dengan parameter ketercapaian, tidak ada LTI, tidak ada pelaporan Golden Rules Breach pada operasional Drill Blast, pengurangan resiko kerugian kerusakan alat sekitar 22.4% dari tahun sebelumnya, pengurangan temuan ketidakstandaran lokasi pengeboran dan peledakan sekitar 19.2% dari tahun sebelumnya, Pengurangan Catatan pada item OBI dari provider peledakan sebanyak 26%, pemenuhan CSA Drill Compliance meningkat 2.6% dari tahun 2020 dan penurunan persentasi tindakan disiplin sekitar 12.3 % dari tahun 2020.

Keywords


Behavior-Based Safety, Checklist P-D-C-A, Self-Assessment

Full Text:

PDF

References


Copper, D. (2009). Behavioral Safety a Framework for Success. Indiana: BSMS Inc.

DuPont. (2005). Not Walking the Talk: DuPont’s. Diambil kembali dari http://assets.usw. org/resources/hse/resources/Walking-the-TalkDuponts-Untold-Safety-Failures.pdf

Geller, E. S., Lehman, G. R., & Kalsher, M. J. (1989). Behavior Analysis Training For Occupational Safety. Newport: Make-A-Difference, Inc.

Karyani. 2005. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Perilaku Aman (Safe Behavior) Di Schlumberger Indonesia. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Li, H., Lu, M., Hsu, S.-C., Gray, M., & Huang, T. (2015). Proactive behavior-based safety management for construction safety. Safety Science, 107-117.

Ludwig, T. D., Geller, E. S., & Mawh, T. C. (2001). Intervening to Improve the Safety of Occupational Driving: A Behavior-change Model and Review of Empirical Evidence. New York, London, Oxford: Psychology Press.

Nirwan, K. 2021. Penguatan Sumberdaya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 dengan Konsep KSA di PT. Kaltim Prima Coal. Prosiding TPT PERHAPI XXX.

______, Data Dept Drill and Blast, PT. Kaltim Prima Coal.


Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.