EFEKTIVITAS KAMPANYE K3 MELALUI MEDIA SOSIAL

Istiyan Wijayanto

Abstract


Perkembangan industri pertambangan batu bara di Indonesia saat ini semakin pesat, termasuk dampak risiko terjadinya kecelakaan yang meningkat seiring tuntutan kenaikan produksi. Manajemen risiko adalah salah satu kunci keberhasilan mengelola bisnis. Kegagalan mengelola manajemen risiko dapat berdampak terjadinya kecelakaan, baik cidera ringan, berat maupun kematian. Faktor penting penyebab kecelakaan sangat beragam, dari masalah pribadi, faktor pekerjaan, pengawasan dan pengetahuan sangat dominan. Ketiga hal tersebut harus menjadi prioritas untuk perbaikan agar angka kecelakaan dapat ditekan sekecil mungkin melalui komitmen manajemen dalam implemetasi aspek (Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang tertuang dalam objective target & program di perusahaan, pengawasan pekerjaan termasuk peningkatan kualitas edukasi K3 di tempat kerja. Banyaknya kasus di pertambangan menginspirasi penulis untuk berkontribusi dalam edukasi K3 untuk semua kalangan melalui Safety Campaign dengan media YouTube. Di era digitalisasi berbasis teknologi safety campaign yang kreatif harus dioptimalkan agar kualitas implementasi K3 di tempat kerja semakin terdepan. Metode penelitian dilakukan secara eksperimen deskriptif ini mengacu dari trend kecelakaan yang pernah terjadi di pertambangan dan peraturan K3 yang berlaku. Adapun tujuan penulis adalah untuk meningkatkan pemahaman/awareness sehingga diharapkan dapat memberikan risk perception yang lebih untuk melakukan perubahan (change management), diharapkan setelah awareness terbentuk, maka karyawan/individu akan berpartisipasi akan hal keselamatan kerja. Hasil penelitian tersaji dalam video akun YouTube Channel Istiyan Wijayanto yang dapat diakses oleh seluruh insan pertambangan dimanapun dan kapanpun dengan dukungan jaringan internet yang bagus serta dapat berbagi sharing tautan video kepada sesama karyawan pertambangan.

Keywords


Istiyan Wijayanto, pertambangan, K3, SMKP, keselamatan kerja

Full Text:

PDF

References


Alwahono & Eko Gunarto. (2021). Resilient Safety Leadership. Jakarta: Allsys Media

PT. Kaltim Prima Coal. (2020). Sutainable Development Report. S11 Building External Relation Office

Subkhan. (2021). “Ekonomi QHSE: Untung Rugi Mengelola QHSE”. Yayasan Pengembangan Keselamatan Prosafe Institue.

Center for Chemical Process Safety. (1994) Guideline For Preventing Human Error in Process Safety. New York American Institute of Chemical Engineers.

Sharon Newnam & Carlyn Muir. (2015). Effectiveness of prevention-focused, workplace health and safety campaigns Monash Injury Research Institute

Agung Supriyadi, Portal Katigaku “Efektivitas Kampanye K3: Dari Pemberian Hukuman Hingga Poster”.

Majalah Gattra. (12 Januari 2022) “Menteri Ketenagakerjaan Canangkan Peringatan Bulan K3 Nasional”


Article Metrics

Abstract view : 361 times
PDF - 881 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.