REDESAIN GEOMETRI PELEDAKAN DAN PENERAPAN METODE AIR DECK UNTUK EFISIENSI BIAYA BAHAN PELEDAK DI QUARRY BATU GAMPING PT SEMEN INDONESIA PERSERO TBK SITE TUBAN

M. Ardy Zailani, Firhad Firmansyah

Abstract


Peningkatan harga bahan peledak sebesar 23,9% untuk Amonium Nitrat, 15% untuk dinamit/peka detonator dan 11,6% solar di kwartal 2 tahun 2022, mendorong PT Semen Indonesia harus mencari cara untuk menekan biaya peledakan dalam rangka menjaga biaya penambangan batu gamping untuk kebutuhan produksi semen yang relatif tidak terjadi kenaikan harga jual. Improvement dilakukan untuk bisa mengurangi penggunaan bahan peledak tanpa mengurangi kualitas hasil peledakan. Beberapa inisiatif dilakukan Tim mining operation mulai dari melakukan redesain geometeri dan penerapan metode air deck di lubang ledak. Metode air deck pada kolom lubang ledak menggunakan alat bantu rocklock produk stemrock berbentuk bola yang berukuran diameter 0.75 meter. Inisiatif pertama tim mining operation melakukan redesain geometri lubang ledak dengan diameter lubang 3,5 Inch yang semula memiliki burden 2.5 meter, spasi 3 meter dengan kedalaman 6 meter menjadi burden 2.5 meter, spasi 3.5 meter, dengan kedalaman 8.6-9 meter pada area batu gamping yang berhasil menurunkan powder factor yang awalnya rata-rata 0.26 Kg/ton menjadi 0.21 Kg/ton batu gamping dengan fragmentasi material <80cm diatas 92%. Selanjutnya tim mining operation melakukan inisitaif kedua yaitu menerapkan metode air deck menggunakan alat bantu rocklock produk stemrock berbentuk bola yang berukuran diameter 0.75 meter dengan desain geometri peledakan burden 2.5 meter, spasi 3.5 meter dan kedalaman lubang 8.6- 9 meter dengan kolom air deck rata-rata 0.75 meter dan kolom isian anfo 5-5.2 meter. Improvement tersebut menghasilkan penurunan powder factor yang sebelumnya powder factor awal yaitu 0.21 Kg/ton turun menjadi 0.19 Kg/ton. Kedua inisiatif perbaikan yang dilakukan berhasil menurunkan biaya bahan peledak/material batu gamping (Rp/Ton) yang sebelumnya Rp. 2,996.13 menjadi Rp. 2,241.35. Dari hasil beberapa kali percobaan improvement redesain dan penerapan air deck disimpulkan impelemtasi sangat optimum dilakukan di area batu gamping area timur dengan kondisi material cendrung soft dan tidak berongga.

Keywords


Air deck system, Redesain geometri, Powder factor, Fragmentasi

Full Text:

PDF

References


Aldi Agus Setiawan, Iwan Widiadmoko, dan Hifzil Kirmi (2019): Pemanfaatan Data Digital Untuk Monitoring Area Terluar Kegiatan Pertambangan Blok 7 Binungan Mine Operation 2 – pt. Berau Coal, Prosiding TPT XXVIII, PERHAPI, Jakarta, 208 – 225.

Muhammad Ardian, Sahala Ruben A., dan Reza Ardhianto (2019): Haul Road Condition Monitoring Using Sensors And Gnss Data, Prosiding TPT XXVIII, PERHAPI, Jakarta, 228 – 231.

Analisis Geometri Peledakan Untuk Mendapatkan Hasil Framentasi Dan Digging Time Optimal Di Pit North Tutupan Pt. Sis Site Adaro, data diperoleh melalui situs internet: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55222/1/AHMAD%20ERLANGGA%20ADJI-FST.pdf. Diakses pada tanggal 4 September 2022.


Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.