PENINGKATAN KAPASITAS PELEDAKAN TROUGH SEAM BLAST DI PT. KALTIM PRIMA COAL (PT. KPC)

Kiagus Nirwan

Abstract


Peledakan terkontrol tembus batu bara atau yang lazim disebut peledakan through seam blast (TSB) merupakan metode peledakan terkini untuk mendapatkan beberapa hasil peledakan dalam satu proses tunggal dimana overburden, batu bara, dan interburden diledakan dalam satu kali proses. Metode ini memiliki maksud dan tujuan inti yakni untuk mengurangi waktu tunggu pada aktifitas pengeboran-peledakan, mengoptimalkan pencapaian powder factor (PF) pada elevasi tujuan peledakan dengan tetap menjaga parameter fragmentasi, meningkatkan kuantitas blasting material, mengeliminasi peledakan top of coal (TOC), memastikan ketercapaian kualitas dan target recovery batu bara tertambang setelah peledakan, dan mengurangi intensitas pengeboran-peledakan sehingga akan berdampak pada peningkatan target produktifitas alat muat. Pada operasional peledakan di PT. KPC, metode ini mulai diujicobakan pada tahun 2015 di area penambangan Mining Operation Division (MOD), dan kemudian implementasinya terus dikembangkan dengan memperhatikan perbaikan bekelanjutan pada sisi teknis maupun operasionalnya. Pada awalnya peledakan TSB memiliki tingkat ketercapaian sekitar 20% dan kemudian terus meningkat sampai 90% pada pit MOD di tahun 2021. Tulisan ini dibuat untuk memaparkan proses transisi peledakan konvensional menjadi peledakan through seam blast dengan paremeter ukur yang spesifik. Sehingga dalam aplikasinya seluruh hal yang menjadi Key performance Indicator (KPI) seperti tidak ada pelanggaran prosedur keselamatan kerja, ketercapaian fragmentasi dan waktu penggalian (digging time), tidak ada kerusakan batu bara dan ketercapaian target hilang atau kontaminasi batu bara, dan perhitungan potensial cost saving pada praktek peledakan ini. Tujuan dari pelaksanaan peledakan TSB adalah untuk memberikan perbaikan pada operasional penambangan karena dapat mengurangi frekuensi peledakan sekitar 20-30% dibandingkan dengan peledakan konvensional, memberikan kontribusi penghematan bahan peledak (tingkat PF) sampai 10% dan memberikan potensial keuntungan sampai dengan $589K sejak awal project sampai dengan YTD Juli 2022.

Keywords


Peledakan through seam blast, stakeholder, Key performance Indicator, recovery batu bara.

Full Text:

PDF

References


Aryantoko, G.. (2021). Orica Through Seam Blast Guidelines, PT. Kaltim Prima Coal. ORICA Mining Services.

Aziz, S,. Putra, QH,. Brilianto, A,. dkk. (2019). Impelementasi Metode Through Seam Blast dalam mendukung Operasional Penambangan di PT. Berau Coal. Prosiding TPT XXVII 2019.

Gambaran umum mengenai Through Seam Blasting, diperoleh dari situs internet: https://www.dynonobel.com/~/media/Files/Dyno/ResourceHub/Case%20Studies%20and%20Abstracts/Through%20Seam%20Blasting.pdf. Diunduh pada tanggal 25 Juli 2022.

Nirwan, K., Pramana, U,. (2011). Trial Metoda “Coal Decking Blasting Technique” di Pit Bendili Panel 7, PT. Kaltim Prima Coal. Prosiding TPT XX PERHAPI 2011.

Technical Services. (2008) : Safe & Efficient Blasting. Australia Pty. ORICA Mining Services.

______, Data-data dari Departemen Drill and Blast, PT. Kaltim Prima Coal.


Article Metrics

Abstract view : 441 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.