REDUKSI SPILLAGE MATERIAL DENGAN METODE TIE UP CHANGING DESIGN PADA KEGIATAN PELEDAKAN PT AGINCOURT RESOURCES

Nella Deamora Lubis, Sara Andrea, Fakhrur Razi, Aris Tambunan

Abstract


Dalam metode penambangannya PT Agincourt Resource menggunakan kegiatan peledakan untuk pembongkaran ore & waste material sebelum dimuat dan diangkut. Kegiatan peledakan menggunakan bahan peledak emulsi dengan menggunakan detonator non-electric (nonel). Seiring dengan kegiatan peledakan pada masing-masing Pit, yaitu Purnama, Barani dan Ramba Joring terdapat materal tumpahan atau spillage akibat dari adanya lemparan hasil blasting sendiri ke sisi jurang atau punggungan bukit. Material tumpahan ini akan berpotensi mengakibatkan pengurangan jumlah volume material yang akan diperoleh, sehingga menurunkan ore yang akan ditambang. Dari ketiga pit aktif ini sumber utama ore yang dikirimkan ke pabrik paling besar berasal dari pit Purnama sehingga aktifitas peledakan dan penggalian serta pengangkutan secara frekuensi juga akan lebih banyak di Pit Purnama. Dengan kondisi ini tercatat sepanajang tahun 2019 - 2021 terdapat penambahan material tumpahan sebesar 44,424 bcm. Agar dapat mengurangi tumpahan material akibat peledakan, PT Agincourt Resources mengimplementasikan perubahan delay tie up pada kegiatan peledakan. Dua baris lubang ledak di sisi jurang diperlambat waktu tunggunya untuk meminimalisir lemparan yang mengarah ke arah jurang agar terdapat freeface yang tidak mengarah ke jurang. Dengan implementasi perubahan delay tie up tersebut diperoleh mengurangi ore spillage sebesar 5-10%. Hal ini tentunya juga akan sebanding dengan kenaikan recovery ore sebesar ± 1%.

Keywords


tumpahan ore, perubahan tie up, recovery penambangan

Full Text:

PDF

References


Ash, R.L. (1990). “Design of Blasting Round, Surface Mining”, B.A. Kennedy Editor, Society for Mining, Metallurgy, and Explotion, Inc.

L. Xingwana. Monitoring ore loss and dilution for mine-to-mill integration in deep gold mines: A surveybased investigation. In Journal of the Southern African Institute of Mining and Metallurgy, volume 116, pages 149–160. The Southern African Institute of Mining and Metallurgy, 2016.

R Picorelli and A Musunuri. An engineering model to estimate blast movement and resulting ore loss and dilution. In The12th Internationational Symposium on Rock Fragmentation by Blasting, pages 619–630, Lulea, Sweden, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.