PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK PREDIKSI PEAK PARTICLE VELOCITY GETARAN TANAH BERDASARKAN MODEL SEED WAVE

Ainun Hafidz, Florencia Pauli Siahaan

Abstract


Getaran tanah merupakan salah satu aspek penting dalam aktivitas peledakan, terutama saat dilakukan dekat pemukiman warga maupun fasilitas publik. Karenanya, kontrol getaran tanah menjadi salah satu sasaran utama dalam beberapa operasi peledakan. Peak Particle Velocity (PPV) getaran tanah menjadi nilai kritis yang harus dikontrol agar berada dalam ambang batas berdasarkan analisa reseptor yang berada disekitarnya.

Pada penelitian ini, sebuah model yang didasarkan pada simulasi Monte Carlo digunakan untuk memprediksi getaran tanah akibat kegiatan peledakan. Model ini menggunakan data seed waveform, hukum scaled distance, P-wave velocity, dan screening lubang lubang ledak. Simulasi ini mengkalkulasi hasil PPV berulang kali sehingga menghasilkan nilai rata-rata yang merupakan nilai prediksi PPV beserta deviasinya. Penelitian ini dilakukan di area tambang PT. Kaltim Prima Coal pada pit-pit yang berdekatan dengan pemukiman warga dan fasilitas umum. Jumlah data yang dikumpulkan adalah 232 kali dari kegiatan peledakan yang dilakukan selama tahun 2021 sampai bulan Agustus.

Hasil dari simulasi Monte Carlo menunjukkan bahwa nilai aktual PPV berada dalam kisaran nilai prediksi yang dihasilkan simulasi. Dari total data yang dikumpulkan, 95% nilai PPV-nya di bawah ambang batas 3mm/s. Hasil ini menunjukkan bahwa model Monte Carlo untuk PPV dapat menambah tingkat keyakinan prediksi getaran tanah dalam kegiatan peledakan. Prediksi yang dapat dipercaya ini merupakan kunci operasi peledakan yang berkelanjutan, dengan meminimalisir peluang terjadinya getaran tanah yang tidak terkontrol yang dapat menyebabkan kerusakan pada pemukiman warga maupun fasilitas publik.


Keywords


Getaran Tanah, Peak Particle Velocity, Simulasi Monte Carlo

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. (2010): Baku tingkat getaran peledakan pada kegiatan tambang terbuka terhadap bangunan. SNI 7571:2010, 3.

Bernard, T. (2010). The Truth About Signature Hole Method. Thierry Bernard Technologie. Nice. France: DNA - Blast Software

Hamali, S. (2017, Desember 9). Simulasi Monte Carlo data diperoleh melalui situs ineternet: https://bbs.binus.ac.id/management/2017/12/simulasi-monte-carlo/. Diakses tanggal 13 Agustus 2021.

Hammersley, J. M., & Handscomb, D. C. (1974): Monte Carlo Methods. London.

PT KPC. (2020): Sustainability Report 2020. Kutai Timur: PT KPC.

Taqleddin, S. A. (1986): Ground Vibration Levels: Prediction and Parameters. Mining Science and Technology, 111-115.

Technical Services. (2008). Safe and Efficient Blasting in Surface Coal Mines. Orica Australia Pty. Ltd.


Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 873 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.