PENGUATAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DAN BERBUDAYA K3 PADA DRILL BLAST OPERATION DENGAN KONSEP K-S-A

Kiagus Nirwan

Abstract


Sumber daya manusia merupakan penggerak utama organisasi yang diberdayakan untuk mencapai target perusahaan. Hal ini menjadi parameter terdepan dalam rangka memastikan setiap rencana kerja dapat dieksekusi dengan baik dan tepat sasaran, karena individu dalam organisasi akan diberikan tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan dengan tujuan untuk pencapaian, peningkatan dan pengembangan tujuan-tujuan organisasi. Drill and Blast departemen, adalah salah satu departemen pada divisi Operasional tambang (Mining Operation Division) yang mengelola aktivitas pengeboran dan peledakan. Mengingat aktifitas ini termasuk kegiatan kritis, manajemen drill blast department perlu memastikan seluruh kegiatan dikelola sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Salah satu usaha untuk memastikan seluruh penggerak sumber daya manusia yang unggul dan kompeten, manajemen drill blast departemen khususnya tim Drill blast operasional melakukan beberapa hal dalam rangka penguatan kapasitas dengan metoda yang sederhana dan aplikatif dengan merujuk pada pemenuhan dan penguatan konsep KSA (knowledge, skill, attitude) untuk sumber daya operasional drill blast. Beberapa program penguatan ini harus secara langsung menyentuh dan mengikat seluruh individu yang berada dalam organisasi, dimana tujuan akhirnya adalah memastikan individu dalam organisasi dapat menjalankan tugas dengan aman dan produktif serta mendukung organisasi mencapai target. Implementasi konsep K-S-A dengan program tersebut diatas dirasa cukup efektif dan efisien dalam membawa drill blast mencapai target safety dan produksi di tahun 2020.


Keywords


KSA (knowledge, skill, attitude), Sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


Tjakraatmadja, Jaan & Bekti, Rudy, Why & What KM, Materi Kuliah Knowledge Management, SBM ITB, 2013.

Suzianti, Amalia, Dr. Ing. Msc. Knowledge Management, Materi Kuliah, janupriambodo.wordpress.com, 2011. (diakses pada bulan Juli 2017)

www.umy.ac.id, Attitude sebagai kunci sukses dalam bekerja, Universitas Muhammadiah Yogjakarta, 2020. (diakses pada bulan Juni 2021).

Dokumen internal Perusahaan, Drill and Blast department, 2020.


Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.