PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH-SIG UNTUK PROGRAM REKLAMASI DAN REHABILITASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) PT AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA

Arie Dwika Rahmandhana, Muhammad Hatta Aditama, Daniel Mahendra

Abstract


Seiring dengan luas reklamasi dan penanaman dalam rangka rehabilitasi daerah aliran sungai (Rehab DAS) yang bertambah setiap tahunnya, penggunaan teknologi penginderaan jauh maupun Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam perencanaan ataupun pemantauan secara rutin telah dilakukan untuk mendukung efektifitas pekerjaan di Departemen Environmental PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“PTAMNT”). Beberapa teknologi penginderaan jauh dan SIG yang telah digunakan oleh PTAMNT antara lain penggunaan aplikasi Mobile Map seperti Avenza Map dan Locus Map pada smartphone, penggunaan drone DJI Mavic 2 Zoom, drone DJI Inspire yang dikombinasikan dengan sensor Infrared/Red-Edge MicaSense, serta pembuatan interface webMAP. Aplikasi Avenza Map dan Locus Map telah digunakan untuk mendapatkan data kemajuan harian sampai mingguan pekerjaan reklamasi / rehab DAS seperti kemajuan hydroseeding, penanaman, dan pengendalian gulma. Pekerjaan geotagging tanaman di area rehab DAS dan penanaman aren sebagai inisiatif beyond compliance PTAMNT juga dilakukan menggunakan Avenza Map. Sementara drone DJI Mavic 2 Zoom telah digunakan dalam perencanaan pekerjaan dan pemantauan keberhasilan reklamasi & rehab DAS. Drone DJI Inspire yang dipasang sensor infrared/Red-Edge digunakan untuk mendapatkan scene multispektral area Reklamasi. Analisis NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) dengan resolusi spasial drone mencapai 1 cm dilakukan untuk mendapatkan tingkat kehijauan yang lebih akurat sebagai salah satu parameter keberhasilan revegetasi kegiatan Reklamasi. Interface WebMAP dibangun dengan basis bahasa program R yang dapat diakses secara sitewide. Tujuan WebMAP ini adalah membantu pengguna memperoleh data dan informasi spasial s site Batu Hijau sebagai input dalam pengelolaan proyek dan pengambilan keputusan setiap dalam pekerjaan.

Keywords


spasial, GIS, penginderaan jauh, reklamasi, rehab DAS

Full Text:

PDF

References


Agafonkin, Vladimir. (2010). “an open-source JavaScript library for interactive maps. data diperoleh melalui situs internet: https://leafletjs.com/ pada tanggal 5 September 2021

A.K. Bhandari, A. Kumar. (2012). “Feature Extraction using Normalized Difference Vegetation Index (NDVI): A Case Study of Jabalpur City”, Proceedings of Communication, Computing & Security. Procedia Technology Volume 6, pp. 612– 621.

Gamin. (2018). “Kebijakan Penggunaan Drone dan Implementasi pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan”, Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan Vol. 18 No 2: 125-143

Hu Y, Ban Y, Zhang X, Liu J, Zhuang. D. (2008). ”Spatial- temporal pattern of GIMMS NDVI and its dynamics in Mongolian Plateau”, In IEEE Proceeding on earth observation and remote sensing applications, pp.1-6.

Jhony, dan Firdaus, W. (2019). Pemanfaatan Drone untuk Monitoring Akurasi Perencanaan Tambang Batubara Terbuka, Prosiding TPT XXVIII dan KONGRES X PERHAPI 2019, PERHAPI, 181 – 190.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). (2019). “Memanfaatkan Teknologi Pesawat Drone Dalam Pembuatan Peta Kemajuan Tambang”, data diperoleh melalui situs internet: https://www.esdm.go.id/id/berita-unit/badan-pengembangan-sumber-daya-manusia/memanfaatkan-teknologi-pesawat-drone-dalam-pembuatan-peta-kemajuan-tambang pada tanggal 2 September 2021.

Nageswara PPR, Shobha SV, Ramesh, KS, Somashekhar RK. (2005). ”Satellite -based assessment of Agricultural drought in Karnataka State, Journal of the Indian society of remote sensing “, 33 (3), pp. 429-434.

Studio R. (2010). “Leaflet for R – Introduction”. data diperoleh melalui situs internet: https://rstudio.github.io/leaflet/ pada tanggal 5 September 2021.


Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.