OPTIMALISASI DISPOSAL PADA AREA RAWA SANGAT LUNAK DAN JENUH AIR, TAMBANG GURIMBANG, PT. BERAU COAL

Henrycus Nesha Ardenta, Rahma Fitrian, Lukman Hakim, Dian Permana Putra

Abstract


OPD West adalah salah satu Out-Pit Dump (OPD) di Gurimbang Mine Operation (GMO), PT Berau Coal, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Karakteristik lokasi OPD West merupakan area material rawa dengan kandungan air yang sangat tinggi dan ditumbuhi oleh vegetasi yang lebat. Berdasarkan soil investigation dengan metode uji Standard Penetration Test (SPT) dan CPTu, diketahui terdapat rawa sangat lunak (Very soft clay) dengan ketebalan 19.5 m dan kandungan air 89%. Dengan karakteristik material rawa tersebut, proses penimbunan di area ini akan memicu pergerakan rawa dan timbunan (heaving dan settlement) serta menginisiasi terjadinya banjir lumpur (flood flow) jika tidak diantisipasi sejak dini. Lokasi OPD West ini tidak terlalu jauh dari jalan umum (±500 m) sehingga kegagalan geoteknik dan hidrologi yang terjadi selain berdampak terhadap aspek keselamatan, lingkungan, dan produksi juga akan berdampak kepada isu eksternal dan citra perusahaan. Sehingga dibutuhkan perencanaan dan penanganan yang tepat untuk meminimalisir potensi dampak penimbunan di area rawa tersebut. Pengendalian yang dilakukan yaitu dengan melakukan manajemen air permukaan dengan membuat paritan dan jaring darinase untuk mengarahkan aliran dan meniriskan kandungan air rawa kemudian rekayasa tahapan penimbunan untuk meminimalisir pergerakan rawa. Selama proses penimbunan dilakukan evaluasi dan monitoring geoteknik dan hidrologi secara kontinyu. Upaya pengendalian yang dilakukan berhasil meminimalisir potensi pergerakan rawa dan timbunan serta banjir lumpur sehingga proses penimbunan berjalan aman dan sesuai target yang direncanakan.

Keywords


Penimbunan di Area Rawa, OPD West GMO, heaving, settlement, flood flow, rekayasa tahapan penimbunan, pengelolaan air permukaan

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 113 Tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Batubara.

Kvale, Erik & Bowie, Chris & Flenthrope, Chris & Mace, Christopher & Parrish, Jessica & Price, Buddy & Anderson, Sloan & Dimichele, William. (2020). Facies variability within a mixed carbonate–siliciclastic sea-floor fan (upper Wolfcamp Formation, Permian, Delaware Basin, New Mexico) [Final published version]

Landslide Hazards (Landslide 101), data diperoleh melalui situs internet: https://www.usgs.gov/programs/landslide-hazards/landslides-101?items_per_page=6. Diakses pada tanggal 5 April 2022.

S-GNH-01.01 Standar Pengamanan Pergerakan Lereng. 2018. Geotechnic and Hydrology Department, PT Berau Coal.

United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR), data diperoleh melalui situs internet: http://www.unisdr.org/2006/ppew/iewp/IEWP-brochure.pdf. Diunduh pada tanggal 01 September 2022.


Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 645 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.