ANALISIS AWAL PENDUGAAN NILAI UCS DARI NILAI PLI UNTUK BATU LEMPUNG DAN BATU PASIR , PT ARUTMIN INDONESIA TAMBANG ASAM ASAM, KALIMANTAN SELATAN

Muhamad Zainal Kahfi

Abstract


Dalam beberapa tahun kedepan, proyeksi kebutuhan batubara masih terus mengalami peningkatan. Imbas dari hal tersebut, bukaan lubang tambang akan bertambah luas dan dalam. Kondisi tersebut mengharuskan adanya perhatian yang lebih terhadap keamanan bekerja di lokasi penambangan. Salah satu hal yang berperan dalam peningkatan keamanan bekerja adalah kondisi lereng tambang yang relatif stabil. Kondisi tersebut harus bisa dinilai secara kuantitatif. Untuk penilaian tersebut, salah satu inputnya adalah sifat mekanik batuan. Agar dapat menghasilkan kesimpulan analisis secara tepat, maka sifat mekanik batuan sebaiknya diambil dari lokasi yang berdekatan dengan lokasi yang dianalisis melalui pemetaan geoteknik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bias data akibat interpolasi kekuatan batuan yang didapat dari lubang bor yang telah ada sebelumnya. Uji yang sering dilakukan untuk mendapatkan sifat tersebut adalah Uji Kuat Tekan Uniaksial (UCS) dan Uji Point Load (PLI). Secara umum, UCS relatif lebih lama dan kompleks dalam pengujiannya dibandingkan PLI. Akan tetapi, kedua uji tersebut bisa saling berkorelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persamaan untuk mengkorelasikan nilai UCS dan PLI di area penelitian. Dari kumpulan data yang telah ada sebelumnya, secara statistik melalui piranti lunak SPSS, didapatkan hasil regresi linear adalah UCS = 9.77*PLI untuk batu lempung dan UCS = 12.93*PLI untuk batu pasir. Dengan adanya persamaan ini diharapkan hasil analisis geoteknik dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.


Keywords


UCS, PLI, batu lempung, batu pasir

Full Text:

PDF

References


Alitalesh, Mahtab, M. Yazdani, M. Molaali. 2016.Correlation between uniaxial strength and point load index of rocks. Japanese Geotechnical Society Special. https://www.researchgate.net/publication/292213486 DOI: 10.3208/jgssp.IRN-0

Broch, E. and Franklin, J.A. (1972) The Point-Load Strength Test. International Journal of Rock Mechanics and Mining Sciences, 9, 669-697 .

Das BM. Evaluation of the Point Load Strength for SoftRock Classification. Proceeding of the 4th InternationalConference on Ground Control in Mining. Morgantown, WV,1985, pp. 220-226.

Hasanah et al. 2019. Alternatif Penentuan Uniaxial compressive strength batu lempung Dari Point Load Strength Index dan Rebound Number Schmidt Hammer. Jurnal GEOSAPTA Vol. 5 No.2. Universitas Lambung Mangkurat.

Hassani FP, Whittaker BN, Scoble MJ. Application of thePoint Load Index Test to Strength Determination of Rock,Proposals for a New Size Correlation Chart. Proceeding of the21st U.S. Symp. on Rock Mech., Rolla, MO, 1980.

Kahraman, Sair. 2009. The Effect Of Rock Classes On The Relation Between Uniaxial Compressive Strength And Point Load Index. Bulletin of Engineering Geology and theEnvironment. https://www.researchgate.net/publication/227065418

DOI: 10.1007/s10064-009-0195-0

Liang, Maybelle et al. Estimating Uniaxial Compressive Strength of Tropically Weathered Sedimentary Rock Using Indirect Tests. Jurnal Teknologi. Faculty of Civil Engineering, Universiti Teknologi Malaysia.

O'Rourke JE. Rock Index Properties for Geoengineering Design in Underground Development. SME preprint 88-48,1988, 5 pp.

Rai, Astawa Made et al. 2014. Mekanika Batuan. Bandung: Penerbit ITB.

Read JRL, Thornton PN, Regan WM. A RegionalApproach to the Point Load Test. Proceeding of the Aust-NZGeomech. Conference 2, 1980, pp. 35-39.

Rusnak, John & C. Mark. Using The Point Load Test To Determine The Uniaxial Compressive Strength Of Coal.

Smith HJ. The Point Load Test for Weak Rock inDredging Applications. Int. Journal Rock Mech. Min. Sci 34,No. 3-4, 1997, Paper No. 295.


Article Metrics

Abstract view : 834 times
PDF - 2933 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.